Selasa, 22 Juni 2010

FINAL ASSIGNMENT!!!!!




salam sabrang


Permainan tradisional merupakan suatu tradisi masyarakat yang seharusnya terus ada, akan tetapi sekarang permainan tradisional sudah jadi kenangan atau malah hanya jadi bahan bernostalgia bareng temen-temen aja. Dengan kata lain permainan tradisional sudah semakin tenggelam yang diakibatkan oleh pengaruhnya budayaluar(teknologi, informasi dan media) yang sangat cepat. Permainan tradisional yang hanya dikenal pada jaman dulu harus dikenalkan lagi pada saat ini terutama pada anak-anak.

....

Masyarakat Indonesia itu bersifat komunal jadi permaian yang dihasilkan pun akan dimainkan secara bersama-sama. Kalau dibandingkan dengan permainan budaya barat maka permainannya lebih memperlihatkan sifat individual. Kalau kita bisa bijak merespon budaya barat bukan sebagai gaya hidup sehari-hari mungkin permainan tradisional tidak tenggelam seperti sekarang. Dan juga peran orang tua penting banget untuk membangun kecerdasan anak, cerdas dalam arti merespon budaya luar( teknologi, informasi dan media) yang semakin cepat perkembangannya..

BALANCE

Tugas akhir gw mengangkat kembali permainan tradisional dengan media buku untuk anak-anak. Budaya luar tetep berkembang tapi pengenalan budaya sendiri pun ga boleh berhenti. Tambah semangat ngerjainnya lagi karena komunitas mainan rakyat yang namanya komunitas HONG sangat membantu memperkenalkan permainan tradisional budaya Sunda ke gw. Ternyata banyak banget permainan tradisional budaya Sunda yang belom gw tau. Thanx ya kang Zaini sama komunitasnya buat ngenalin permainan Sunda. :D











2 komentar:

Luluq Carbellani Baraqbah mengatakan...

i am the 1st :D

amin wiid..anak gw bakal gw suruh beli bukunya lo nih

biar kebuka nih mata hati
dan ga menuhankaan permainan teknologi melulu

dgn permainan tradisional yg kental interaksi soasial, gw harap anak gw memiliki kepekaan sosial yang tinggi ;D


hahaha..amiin dah :D

Cokolate mengatakan...

hihii..semoga dibuat beneran yah luq..amiiin..:D
kita tukeran buku deh..huahua

iyaa..iyaa betul luq..permainan indonesia kebanyakan bermainnya bareng2..semoga nanti buku kita berperan lgsg yah luq..aminn..:*